Mulai 1 Januari 2018 Pemerintah Kabupaten Wonogiri melaksanakan program kesehatan gratis bagi masyarakat miskin di Kabupaten Wonogiri, program ini berlaku bagi warga miskin yang belum dijamin oleh Jaminan Kesehatan Nasional-KIS. Saat ini Pemerintah Kabupaten Wonogiri mengalokasikan penjaminan kesehatan (Jamkesda) terhadap kurang lebih 25.700 jiwa yang belum masuk program JKN-KIS, hal ini tertuang dalam SK Bupati Wonogiri nomor 407 tahun 2017, jumlah ini sangat besar dengan alokasi anggaran sekitar 12 Milyar rupiah.

Pemerintah Kabupaten Wonogiri sangat serius untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warganya, dimana merupakan salah satu program prioritas Pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Jekek-Edy. Program kesehatan gratis ini dilayani dari tingkat puskesmas seluruh Kabupaten Wonogiri, RSUD dr. soediran Mangun Sumarso Wonogiri, RS Jiwa Surakarta dan RS Moewardi Surakarta. Untuk lebih jelasnya apabila warga belum paham dapat langsung meminta informasi ke Puskesmas terdekat, Pemerintah Kecamatan terdekat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri melalui nomor telp (0273)321043, terang dr. Setyarini, M.Kes direktur RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri.

Lebih lanjut dr. Setyarini, M.Kes menerangkan bahwa dalam rangka pelaksanaan program kesehatan gratis ini, RSUD dr. soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri telah mempersiapkan diri guna memberikan pelayanan yang terbaik, sebagai salah satu bentuk persiapan beliau Bapak Bupati Wonogiri mengalokasikan Pembangunan Gedung Rawat Inap prioritas untuk kelas III.

Tahun 2017 telah terbangun gedung pelayanan rawat inap 3 lantai dengan kapasitas 72 bed kelas III, 11 bed kelas Khusus dan 33 bed kelas II, dan mulai 1 Pebruari 2018 sudah dioperasionalkan untuk melaksanakan pelayanan. Gedung rawat inap anggrek ini merupakan bentuk perhatian beliau bapak bupati untuk meningkatkan pelayanan bagi warga miskin yang berobat ke RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, ruang perawatan ini jauh lebih nyaman dibanding ruang yang lama, karena lebih luas dan didukung fasilitas alat kesehatan sesuai standart pelayanan rawat inap rumah sakit type B, terang dr. Setyarini, M.Kes.

Harapan kami semoga warga masyarakat Kabupaten Wonogiri dapat memanfaatkan program ini dengan baik, sehingga tidak ada lagi warga yang sakit dan tidak melakukan pengobatan karena takut biaya, Pemerintah Kabupaten Wonogiri sudah memberikan jaminan kesehatan bagi warga miskin semoga dapat bermanfaat dan barrokah aminn.

(Humas RSUD dr. Soediran MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *