Apresiasi tinggi bagi seluruh komponen tim kesehatan Asian Games 2018 disampaikan oleh Chairman of Medical and Doping Control, Olimpic Council of Asia (OCA), Dr. Jegathesan di Main Press Centre JCC Senayan, Jakarta

”Dengan berbangga hati saya ucapkan bahwa harapan kami telah tercapai. Sejak awal hingga saat ini, sistem (kesehatan) telah diujicobakan dengan baik,” tutur Jegathesan.

Pada kesempatan tersebut Dr. Jegathesan menggambarkan kesigapan tim medis contohnya sangat cepat bahkan melakukan rujukan menggunakan helikopter evakuasi demi mengutamakan keselamatan para atlet.

”Sebagai contoh pada olahraga paralayang, respon kalian (tim medis) sangat cepat dengan menggunakan helicopter untuk mengevakuasi atlet hingga ke RS,” tuturnya.

Apresiasi juga disampaikan Jegathesan bagi tim kesehatan yang lain, mengingat tanggung jawab tim kesehatan sangat besar, mulai dari memastikan penyediaan dan penyaluran makanan yang sehat dan higienis, penyediaan air bersih, serta pengendalian dan pencegahan wabah penyakit yang merupakan bagian terpenting dan utama dari bidang kesehatan.

”Untuk semua hal itu, Olympic Council of Asia sangat mengapresiasi bidang kesehatan dalam penyelenggaraan Asian Games di Indonesa”, imbuh Dr. Jegathesan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Direktur Jenderal Pelayanan Kementerian Kesehatan selaku Ketua Tim Bidang Kesehatan Asian Games 2018, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS, menyatakan bahwa dukungan bidang kesehatan dalam hal pelayanan kesehatan dan kegawatdaruratan antara lain dengan menyiagakan sebanyak 195 layanan medis, yang terdiri dari 170 medical station, 2 medical center, 2 poliklinik, dan 30 RS Rujukan. Selain itu disiagakan pula 1.805 tenaga kesehatan, 100 sanitarian, 587 foodhandler untuk standarisasi, 230 ambulans darurat, 3 helikopter darurat, 10 ambulans air, 20 ambulans motor, dan 5 ambulans golf car.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat emailkontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *