bahwa dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan asas penyelenggaraan pemerintahan  yang baik, Organisasi Perangkat Daerah terutama yang bersentuhan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat wajib melaksanakan pelayanan yang memberi kemudahan kepada masyarakat dan bebas dari pungutan liar.

Menteri yang bertanggungjawab di bidang pendayagunaan aparatur Negara bertugas merumuskan kebijakan nasional tentang pelayanan publik, serta melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, sehingga hari Selasa s.d Kamis tanggal 4 s.d 6 September 2018 Tim Evaluasi Pelayanan Publik melakukan tugas evaluasi ke Kabupaten Wonogiri salah satunya ke RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri untuk melakukan evaluasi sekaligus pembinaan pelayanan publik di rumah sakit, selain di rumah sakit Tim juga melaksanakan evaluasi di Badan Penanaman Modal dan Perzinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Catatan Sipil serta Polres Wonogiri.

Khusus di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri Tim melaksanakan evaluasi selama 2 hari, hari pertama Tim melakukan Sidak pemantauan langsung ke lapangan dan hari kedua melakukan telusur dokumen yang dilaksanakan di Ruang Kunthi RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, terang dr. Setyarini, M.Kes Direktur RSUD dr. Soediran.

Hadir sebagai tim evaluator dari Kementerian PAN RB : Dra. Damayani Tyastianti, M.Q.M (Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III ) dan Akis Kusumaningsih (LAN) didampingi Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Wonogiri ibu Sri Redjeki Utami, SH, MH.

Acara Pertemuan Evaluasi Penilaian Pelayanan Publik sendiri berlangsung secara seremonial dengan dihadiri penanggungjawab pelayanan masing-masing Instalasi / Unit kerja yang ada di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. diawali paparan oleh direktur yang menjelaskan tentang aspek pelayanan publik meliputi : Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan dan Inovasi Pelayanan

Dari paparan dan penjelasan serta hasil sidak kunjungan langsung Tim merasa jelas dan lengkap terhadap semua aspek yang disampaikan, dan dilanjutkan pendalaman dokumen pendukung serta penandatanganan Berita Acara Hasil Evaluasi.

Alhamdulillah berdasarkan Berita Acara Hasil Evaluasi yang telah ditandatangani hasilnya memenuhi kriteria pada masing-masing aspek. sebenarnya sejak dahulu seluruh aspek penilaian telah kita laksanakan yang kemudian didokumentasikan sebagai bukti hasil pelayanan, ditambah lagi Tim telah melakukan sidak memeriksa kesesuaian dokumen dengan kondisi lapangan sesungguhnya, semoga hasil finalnya nanti kita mendapatkan kriteria baik sukur-sukur memuaskan, terang dr. Setyarini, M.Kes.

tidak itu saja yang paling penting adalah penyelenggaraan pelayanan publik merupakan tanggungjawab bersama seluruh komponen civitas hospitalia rumah sakit, direktur tidak bisa bekerja sendiri, sehingga kami mengajak seluruh pegawai untuk selalu mengedepankan pelayanan kepada masyarakat karena pelayanan kita saat ini berfokus pada keselamatan dan kepuasan pelanggan, tunjukkan seolah-olah pasien itu kita.

terakhir dr. Setyarini, M.Kes menyambut baik pelaksanaan evaluasi ini semoga bermanfaat untuk lebih menjaga konsistensi pelayanan serta perbaikan pelayanan kepada masyarakat, ibarat pepatah tak ada gading yang tak retak, kesempurnaan hanya milik Allah SWT, maka kritik saran masukan untuk perbaikan pelayanan selalu kami harapkan semoga kedepan rumah sakit ini besar karena kepedulian masyarakatnya, dan bermanfaat untuk menyehatkan wargane, terang dr. Setyarini,M.Kes

(humasrsudsms)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *