Bertempat di Balai Kartini Jakarta, Selasa (27/11), sebuah momen yang sangat baik diselenggarakan dalam acara tersebut yaitu Penyampaian Hasil Evaluasi dan Apresiasi Unit Penyelenggara Pelayanan Publik 2018. salah satu unit Penyelenggara Pelayanan publik tersebut adalah RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri.

Penghargaan yang diterima RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri adalah sebagai Unit Penyelenggaran Pelayanan Publik dengan kategori SANGAT BAIK Tahun 2018, yang diterima langsung oleh Direktur dr. Setyarini, M.Kes.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biorkrasi (PAN-RB) sebagai penyelenggara melaksanakan kegiatan ini rutin tiap tahunnya, dengan melaksanakan evaluasi terhadap pelayanan yang dilaksanakan unit penyelenggara pelayanan baik tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa, dalam acara tersebut menyampaikan “Kita ingin yang mendapat nilai baik agar memotivasi dan  menularkan ke daerah lain dalam rangka akselerasi kualitas pelayanan publik,”

Evaluasi ini merupakan amanat dari UU 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, pasal 7 ayat 3. Tujuannya ialah Melihat implementasi kebijakan terkait pelayanan publik, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat. Tak hanya pemerintah daerah, Kementerian PANRB juga mengevaluasi pelayanan publik di K/L dan seluruh Polres.

Tools evaluasi yang digunakan adalah berdasarkan Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2017. Hasil dari evaluasi ini menghasilkan angka indeks, yang kami namakan sebagai Indeks Pelayanan Publik. Nilai kemudian dikonversikan kedalam tingkatan A sampai dengan F. Predikat tertinggi, yaitu A, artinya Pelayanan Prima sangat baik, sedangkan predikat D, E, dan F, artinya Prioritas Pembinaan. “Tingkatan ini mencerminkan kualitas pelayanan dari unit penyelenggara pelayanan publik yang dinilai,” pungkas Diah

dalam kesempatan itu pula Menteri PAN & RB Bapak Syafruddin mengatakan, pelayanan publik dewasa ini menuntut lebih sportif, dan mengutamakan kepuasan pengguna layanan (customer driven government). Idealnya pemerintah harus berjalan seiring dengan kehendak publik, fokusnya digeser dengan  menempatkan pelanggan sebagai pengemudi (putting the customer in the driver seat). Sehingga masyarakatlah yang menentukan apa yang perlu dilakukan dan kemana arah tujuan kinerja pemerintahan.

“Inilah marwah pemerintah yang melayani di era demokratisasi saat ini, pelayanan publik menjadi roh-nya,” terang Syafruddin.

lebih lanjut Menpan & RB menyampaikan bahwa dalam era keterbukaan, penyelenggaraan negara bukan lagi dari government to government saja, tetapi juga government to citizen dan government to private sector, Artinya, pemerintahan semakin diarahkan untuk terbuka (open government), yang titik artikulasinya terletak pada transparansi, partisipasi sosial, akuntabilitas, open data, kemudahan akses informasi publik, kolaborasi dan ko kreasi, inovasi teknologi dan perubahan kebijakan yang pro rakyat,” jelasnya

Direktur RSUD dr. Soediran MS dr. Setyarini, M.Kes sesaat setelah menerima penghargaan tersebut menyampaikan puji syukur atas apresiasi yang diberikan Kementerian PAN dan RB serta ucapan terima kasih kepada seluruh civitas hospitalia RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri atas semua pengabdian yang dilakukan untuk memberikan pelayanan di rumah sakit, ini hasil jerih payah kita bersama, terima kasih dan tingkatkan terus pelayanan kita, karena pelayanan itu sangat dinamis dan harus tetap kita jaga agar tetap konsisten dalam mengemban tugas mulia ini dengan baik.

tidak banyak unit penyelenggara pelayanan yang menerima penghargaan ini kita telah menjalani evaluasi Kebijakan pelayanan publik, sarana dan prasarana, kompetensi SDM Aparatur, sistem pengaduan, inovasi yang dilakukan, dan evaluasi internal dan kita salah satu yang mampu menerima dengan predikat sangat baik, untuk itu disamping sebagai apresiasi hal ini juga sebagai tantangan Rumah Sakit agar dapat menjaga etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan mendukung kinerja Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam rangka mewujudkan “sehat Wargone”. pungkas dr. setyarini, M.Kes.

(humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *