Besar bersama rakyat, mungkin istilah ini yang tepat untuk menggambarkan keberadaan RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso, yang pada hari ini tepat berusia 64 tahun.

Sejarah berdirinya RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri memiliki histori yang panjang, Sebelum dikelola oleh Pemerintah Kabupaten yang dulu disebut Pemerintah Swatantra, RSUD Wonogiri adalah milik Zending dan berlokasi di Kampung Sanggrahan, Kabupaten Giripurwo, Kecamatan Wonogiri. Pada akhir tahun 1942 Parentah Kraton Mangkunegaran secara de facto ikut mengelola keberadaan rumah sakit hingga akhir tahun 1950, yang selanjutnya pengelolaan dilimpahkan kepada Pemerintah Daerah Swatantra Tingkat II Wonogiri.

Oleh karena lokasi di Kampung Sanggrahan dalam jangka panjang tidak memenuhi persyaratan untuk pengembangan rumah sakit, berdasarkan hasil keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong (DPRGR) dan Bupati Kepala Daerah Swatantra Tingkat II Wonogiri tahun 1955, diputuskan mencari alternatif baru untuk lokasi rumah sakit. Pada tahun itu juga, lokasi untuk rumah sakit telah diperoleh yaitu di Kampung Joho Lor, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri atau di Jalan Achmad Yani Nomor 40 Wonogiri hingga sekarang.

RSUD Wonogiri ditetapkan izin operasionalnya oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 13 Januari 1956 sebagai rumah sakit tipe D, pada tanggal ini sekaligus ditetapkan sebagai hari lahir RSUD Wonogiri. Seiring dan sejalan dengan perkembangan tuntutan publik terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik, maka pembenahan pelayanan dilakukan dengan kerja keras oleh keluarga besar RSUD Wonogiri yang membawa peningkatan terhadap tipe rumah sakit menjadi tipe C pada tanggal 11 Juni 1983, kemudian menjadi Tipe B pada tanggal 5 Juni 1996, dan berdasarkan keputusan Menkes No. 544/Menkes/SK/IV/1996 menjadi tipe B Non Pendidikan, yang menjadi dasar peningkatan kelas rumah sakit.  Perubahan nama menjadi RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso berdasarkan Perda nomor 11 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Kabupaten Wonogiri, pemberian nama ini untuk menghormati Pimpinan yang pertama bertugas sebagai Kepala RSUD Wonogiri periode 1956-1965

Tema peringatan HUT RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso tahun  2020 adalah “Nyawiji Sesarengan mBangun RSUD.”

Tema ini mengandung makna bahwa dengan kebersamaan dan persatuan seluruh elemen Civitas Hospitalia RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dapat mewujudkan peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, terang dr. Setyarini, M.Kes (Plt. Direktur RSUD).

 

dalam kurun waktu 2018-2019 RSUD meraih beberapa prestasi antara lain :

  1. Tahun 2018, RSUD memperoleh penghargaan dari Kementerian PAN & RB sebagai unit penyelenggara pelayanan publik dengan kategori sangat baik.
  2. Tahun 2018, RSUD memperoleh penghargaan dari Komisi Informasi Jateng dalam hal keterbukaan informasi publik sebagai Badan Publik dengan kategori Informatif.
  3. Tahun 2019, RSUD memperoleh penghargaan dari Kementerian PAN & RB sebagai Role Mode unit penyelenggara pelayanan publik dengan kategori sangat baik.
  4. Tahun 2019, RSUD memperoleh penghargaan dari Komisi Informasi Jateng dalam hal keterbukaan informasi publik sebagai Badan Publik dengan kategori menuju Informatif (merupakan peringkat tertinggi untuk penilaian tingkat RSUD Kabupaten/Kota se Jateng pada tahun 2019).

Agenda HUT tahun 2020 ini dilaksanakan secara sderhana, meliputi Jalan santai, lomba Dance Hand Hygiene, Lomba Story Board dan Apel besar bersama sekaligus pemberian penghargaan lomba dan pegawai teladan.

berikut daftar penghargaan yang diberikan :

  1. Pegawai Teladan
  • Kategori Perawat : Kusnul Khotimah, AMK
  • Kategori Tenaga Kesehatan lAinnya : Dian Novita Sari, A.Md
  • Kategori Dokter : dr. Titik Susilawati, Sp.PD

2. Lomba Dance Hand Hygiene

  • Juara 1   : Bagian Keuangan
  • Juara 2  : Instalasi Farmasi
  • Juara 3  : Instalasi Poliklinik / Rawat Jalan
  • Juara Favorite : Ruang Dahlia

3. Lomba Story Board

  • Juara 1  : Instalasi Rehab Medik
  • Juara 2  : Instalasi Rawat Jalan
  • Juara 3  : Instalasi Hemodialisa

dalam kesempatan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Bp. Edy Santoso, SH (Wakil Bupati Wonogiri dilaksanakan pula peresmian pemanfaatan pelayanan kesehatan canggih terbaru di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dengan ditandai pengguntingan pita.

(humas rssms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *